Mengurangi Stress di Pagi Hari


Jika kita gagal mengatur waktu, pagi hari dapat menjadi bagian yang paling stress dari seharian waktu yang kita jalani. Banyak dari kita sering terburu-buru di pagi hari dalam persiapan berangkat kerja atau sekolah. Sebetulnya tidak harus seperti ini. Dengan sedikit pengelolaan waktu yang baik, hal ini bisa dihindari.

Berikut adalah 10 langkah untuk mengurangi tingkat stress Kamu di pagi hari :





1. Buatlah persiapan di malam hari secara rutin.

Siapkan pakaian yang hendak Kamu pakai di esok hari, jangan menaruh kunci motor/mobil sembarangan – taruhlah di tempat khusus, rencanakan sarapan pagi Kamu dengan menu yang bergizi, dsb. Tindakan-tindakan sederhana ini saya pikir tidak akan memakan waktu Kamu lebih dari ½ jam setiap malamnya dan ini saya yakin akan mengurangi sebagian besar kepeningan Kamu setiap pagi.

2. Rencanakan apa yang akan Kamu lakukan.

Setiap malam, tulislah agenda-agenda penting esok hari yang harus Kamu lakukan seharian penuh. Ketika Kamu menulis, jauhkan perasaan khawatir yang menghantui pikiran Kamu : bagaimana kalau ini, bagaimana kalau itu. Tuliskan saja rencana-rencana Kamu dan pukul berapa Kamu akan melakukannya.

3. Hilangkan segera hal-hal menjengkelkan yang sudah Kamu ketahui.

Jika alarm jam Kamu mengeluarkan suara yang mengerikan, pisau cukur elektrik Kamu sering melukai kulit, mobil/motor Kamu sulit distarter di pagi hari … segera perbaiki dan hilangkan faktor-faktor penyebab stress ini dari kehidupan Kamu. Jika Kamu telah mengetahui hal-hal tersebut sering menjengkelkan Kamu, tidak ada alasan bagi Kamu untuk menunda-nunda memperbaiki masalah tersebut.

4. Istirahat yang baik di malam hari.

Pastikan Kamu cukup tidur setiap malamnya. Tentukan jam berapa Kamu akan mulai masuk ke kamar tidur Kamu. Jumlah waktu tidur yang disarankan untuk orang dewasa adalah 7 jam sehari. Jika memungkinkan aturlah suhu kamar tidur Kamu, jangan sampai Kamu tidur dalam keadaan kedinginan atau kepanasan. Suhu kamar yang baik adalah antara 18 – 25 derajat celcius.
Jika Kamu meminum kopi, aturlah waktu minum kopi Kamu. Jangan sampai Kamu terlalu sore mengkonsumsinya, sehingga Kamu akan kesulitan tidur di malam hari. Efek kafein dari kopi bekerja setelah 5-6 jam Kamu mengkonsumsinya.

5. Bangunlah ½ jam lebih awal.

Waktu ½ jam dapat membuat perbedaan yang mencolok antara Kamu menjalani pagi hari dengan tenang atau terburu-buru. Selama Kamu memiliki waktu istirahat yang cukup, bangun ½ jam lebih awal bukanlah hal yang sulit dan Kamu akan terbiasa dalam beberapa hari ke depan. Gunakan waktu ½ jam ini untuk melemaskan otot-otot Kamu, mandi air hangat, sarapan pagi dengan tenang dan melakukan hal-hal lain di luar dugaan.

6. Minumlah segelas air putih setelah bangun tidur.

Tubuh kita tersusun dari 60 – 70% cairan. Jadi air adalah komponen yang sangat penting dan Kamu tidak boleh sampai terkena dehidrasi (kekurangan cairan). Jika Kamu kekurangan cairan maka darah Kamu akan mengental dan hal ini mengakibatkan jantung Kamu memompa darah 2 x lebih keras. Efeknya Kamu dapat terkena kelelahan baik mental maupun fisik.
Ketika Kamu tidur panjang di malam hari, tubuh Kamu akan kekurangan cairan, sehingga penting sekali ketika Kamu bangun, Kamu langsung meminum banyak air putih.

7. Lakukan pelemasan otot-otot Kamu selama 5-10 menit di pagi hari.

Apakah Kamu merasa sedikit terhuyung-huyung/pening ketika Kamu bangun? Jangan takut, ini adalah hal yang normal. Yang harus Kamu lakukan adalah membantu melancarkan aliran darah Kamu, sebagai transisi dari keadaan tubuh yang kaku setelah Kamu tidur.
Lakukan pelemasan-pelemasan seperti menarik kedua tangan Kamu keatas kemudian menggerakkannya kekiri dan kekanan, menarik lutut Kamu, berjinjit, dsb. (saya yakin Kamu mengetahui gerakan-gerakan dasar senam pagi). Kamu juga dapat melakukan sit-up atau push-up jika menginginkan.

8. Dengarkan musik dan mandilah air hangat.

Musik dapat mempengaruhi pikiran secara positif, sehingga akan memotivasi Kamu. Pilihlah lagu-lagu yang membuat Kamu merasa ceria dan bersemangat sambil Kamu melakukan aktivitas di pagi hari.
Sementara mandi air hangat adalah sebuah pengalaman yang dapat membuat Kamu merasa tenang di pagi hari dan membuat badan Kamu menjadi enteng.

9. Rapihkan tempat tinggal Kamu.

Aturlah penempatan-penempatan barang dalam rumah Kamu sedemikian rupa sehingga Kamu mengetahui persis dimana letak barang-barang milik Kamu. Taruhlah kembali pada tempatnya barang-barang yang sudah Kamu gunakan. Sehingga jika Kamu hendak menggunakannya, Kamu tidak perlu mencari kesana-kemari yang dapat membuat Kamu menjadi stress.

10. Bagi Kamu yang mengendarai mobil/motor, jangan pulang ke rumah dengan kondisi bensin yang hampir kosong.

Mengisi bensin setelah Kamu selesai beraktivitas bukanlah hal yang sulit bukan? Tetapi mengapa banyak orang menunda melakukannya? Mungkin karena alasan ingin segera sampai di rumah atau kondisi tubuh Kamu yang sudah sangat lelah sehingga malas mampir ke pompa bensin.
Dengan kesibukan di pagi hari ditambah Kamu harus mampir terlebih dahulu ke pompa bensin, Kamu dapat terlambat memulai aktivitas Kamu, dan tentu saja hal ini bukan awal yang baik.
Selalu periksa tingkat kekosongan bensin Kamu saat perjalanan pulang dan isilah bensin Kamu segera, jangan menunda.

Semoga Bermanfaat..
Share

No comments:

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...